Pengertian Sains : Tujuan dan Hakikat Ilmu Sains

Pengertian Sains : Tujuan dan Hakikat Ilmu Sains

Pengertian Sains : Tujuan dan Hakikat Ilmu Sains – Kita sering dengar istilah sains, yang merujuk pada ilmu dan pengetahuan. Pengertian sains memang luas, dan ada perbedaan arti di antara beberapa ahli. Pada hakikatnya, sains memiliki sifat universal dan objektif, dan penelitiannya harus empiris dan disusun secara sistematis.

Ilmu pengetahuan yang di dalami semenjak di bangku sekolah. Teori sains yang perlu disusun lewat proses observasi dan penelitian, sampai akhirnya ditarik kesimpulan. Sistem penelitian sains harus rasional dan logis, dan objektif. Tujuan untuk mengungkapkan bukti yang belum di ketahui manusia.

Kata sains tersebut datang dari bahasa latin ‘scientia’, yang memiliki arti pengetahuan. Dengan bahasa Inggris, sains di kenal sebagai pengetahuan. Dari situlah ada kata sains yang di kenal dalam kamus bahasa Indonesia. Sebelum ke pembahasan lebih lanjut, Anda juga bisa mendapatkan informasi mengenai berbagai pendidikan di Blog Pendidikan Terbaik.

Pengertian Sains

Jadi dapat disebutkan jika pengertian sains pada umumnya ialah ilmu pengetahuan yang dipelajari oleh manusia yang didapat dari pengamatan dan penelitian untuk ketahui teori yang disepakati.

Sains jadi alat bagi manusia untuk dapat bertahan hidup di bumi, dengan pelajari keadaan alam dan sekelilingnya menjadi sebuah pengetahuan yang berharga.

Pengertian Sains Menurut Para Ahli

Menurut Albert Einstein (1940)

Pengertian sains menurut Einstein ialah satu bentuk upaya atau aktivitas yang memberikan dukungan dari berbagai variasi atau pengalaman inderawi sanggup membuat sebuah sistem pemikiran atau sudut pandang yang rasional seragam.

Menurut Hardy dan Fleer (1996)

Menurut Hardy dan Fleer, pengertian sains bisa dibedakan menjadi empat fungsi sains utama, yakni sains sebagai kelompok pengetahuan, sains sebagai suatu proses, sains sebagai kumpulan nilai dan sains sebagai satu cara untuk mengenal dunia.

READ :  Cara Mengecek Mesin Mobil Bekas

Menurut Wigner

Arti sains menurut Wigner sebagai gudang atau penyimpanan pengetahuan mengenai gejala-gejala alam, yang meliputi pengetahuan mengenai dunia alami yang diperoleh dari interaksi dalam dunia itu.

Menurut Sun (2005)

Pengertian sains menurut Sund sebagai produk dan proses beberapa hal yang terkait dengan sikap ilmiah, sistem ilmiah dan produk ilmiah.

Menurut Romano Harre

Pengertian sains ialah kelompok teori-teori yang sudah diuji kebenarannya, menerangkan mengenai pola pola dan kedisiplinan atau ketidakteraturan dari gejala yang dilihat dengan cermat.

Menurut Doran R (1998)

Arti sains diartikan sebagai proses evaluasi yang perlu dilakukan oleh para pelajar secara aktif, bukan dilakukan pada mereka.

Tujuan Sains

Fungsi-fungsi dan tujuan sains sebagai ilmu dan pengetahuan ialah seperti berikut :

  1. Sebagai sarana untuk mengungkapkan bukti yang belum diketahui.
  2. Sebagai alat bagi manusia untuk dapat bertahan hidup.
  3. Untuk meningkatkan tehnologi dan informasi.
  4. Untuk mempermudah kebutuhan hidup manusia setiap hari.

Saat lakukan penelitian, karena itu penyelidikan ilmiah yang perlu dilaksanakan diantaranya ialah melakukan observasi, merumuskan hipotesis, membuat prediksi, melakukan penelitian, dan menarik kesimpulan.

Hakikat Sains

Sains sebagai ilmu dan pengetahuan yang dipelajari manusia. Batas ruang lingkup sains ialah segala hal yang bisa diterima oleh indera manusia, seperti indera penglihatan atau indera pendengaran.

Sains sebagai pengetahuan yang didapatkan dari proses evaluasi dan pembuktian. Teori sains juga semakin berkembang, sehingga mustahil ada teori-teori baru kembali yang mematahkan teori lama, hingga dikatakan sains memiliki sifat dinamis dan mengikuti perkembangan jaman.

Hakikat sains adalah memiliki sifat universal. Maknanya dilakukan dimanapun, oleh siapa saja, dan kapan pun, pada intinya akan memperoleh hasil yang sama. Sains harus juga bersifat logistik dan sistematis, serta penelitiannya dilaksanakan secara obyektif dan empiris.

READ :  Mengenal Peranan dan Manfaat Jasa Konsultan Pajak

Ilmu pengetahuan menjadi ilmu pengetahuan alam dan ilmu pengetahuan sosial. Setiap jenis sains banyak memiliki cabang ilmu pengetahuan yang lain yang dipelajari.

Penutup

Demikian informasi artikel mengenai Pengertian Sains : Tujuan dan Hakikat Ilmu Sains dan ciri-ciri sains menurut beberapa ahli. Baca juga artikel tentang Kumpulan Materi Sains. Mudah-mudahan dapat menambahkan wawasan para pembaca.