Mengenal Peranan dan Manfaat Jasa Konsultan Pajak

Untuk beberapa orang yang mempunyai kesibukan sangat tinggi seperti pelaku bisnis, berbagai masalah yang terkait dengan administrasi dan perpajakan ialah sebuah rintangan besar. Apa lagi menyangkut masalah perpajakan yang mempunyai beberapa ketentuan sulit di mana mayoritas orang malah tidak mempunyai pengetahuan baik khususnya menyangkut perhitungan yang sesuai regulasi yang ada. Untuk menangani hal tersebut, umumnya pelaku bisnis menempuh cara mudah dengan mengikutsertakan peranan konsultan pajak.

Sekarang ini telah banyak wajib pajak (WP) yang memakai jasa konsultan pajak. Sehingga berbagai masalah yang terkait dengan pajak dapat dituntaskan secara mudah, cepat, dan professional.

Pengertian dan Peranan Konsultan Pajak

Pengertian konsultan pajak ialah orang/badan yang memberikan jasa konsultasi perpajakan kepada wajib pajak dalam rangka melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakannya sesuai ketentuan perundang-undangan perpajakan. Secara singkat ialah orang yang bertugas membantu wajib pajak mengurus segalanya yang terkait dengan pajak.

Di Indonesia, telah banyak perusahaan yang memakai jasa konsultan pajak. Tujuannya ialah agar semua permasalahan perpajakan dapat dituntaskan secara mudah, cepat, dan professional.

Berikut beberapa layanan yang diberikan:

1. Konsultasi.

Yakni menawarkan jasa konsultasi kasus perpajakan.

2. Kepatuhan Pajak (Tax Compliance).

Yakni mengurus beberapa hal yang terkait dengan kepatuhan pajak client-nya terhadap peraturan perpajakan. Misalkan analisis object pajak, penghitungan pajak, proses membayar dan memberikan laporan pajak usaha/perusahaan.

3. Rencana Pajak (Tax Planning).

Yakni lakukan jasa perencanaan pajak yang bertujuan memaksimalkan keuntungan client dalam patokan yang legal menurut ketentuan perpajakan.

4. Pengecekan Laporan Pajak (Tax Audit).

Yakni memberikan layanan untuk menilai data yang terkait dengan timbulnya beban pajak dari Direktorat Pajak yang merugikan perusahaan client.

READ :  Pengertian Sains : Tujuan dan Hakikat Ilmu Sains

5. Pendampingan dalam Pemeriksaan (Personal Tax Assistance).

Yakni mempunyai tanggung-jawab dalam sebagai wakil atau menemani client saat pengecekan pajak. Ini dilaksanakan karena cukup banyak client yang kurang pahami persoalan perpajakannya bisa mengakibatkan ancaman pajak yang lebih berat jika pebisnis memberi jawaban atas pertanyaan pertanyaan perpajakan yang kurang dimengerti. Konselor pajak sebagai partner anda akan turut menolong pahami persoalan pajak saat terjadi pengecekan pajak , mempersiapkan data/document yang diperlukan saat pengecekan.

6. Restitusi pajak.

Yakni memberikan layanan untuk mengelola pengembalian kelebihan pembayaran pajak atau restitusi.

Manfaat Menggunakan Jasa Konsultan Pajak

1. Lebih efektif karena tingkat kesalahan dalam pelaksanaan kewajiban perpajakan sebagai wajib pajak minim,

2. Sebagai business owner, Anda tidak terbebani dengan masalah administratif perpajakan di saat membuat laporan s/d proses pelaporannya. Semua sudah diatasi langsung oleh konsultan pajak,

3. Tidak perlu takut jika Anda menerima sanksi pajak/surat peringatan dari Direktorat Jenderal Pajak (DJP) karena akan sepenuhnya dibantu dan didampingi oleh konsultan pajak yang menjadi partner Anda.

4. Perusahaan dapat melakukan rencana pajak atau tax planning.

5. Menggunakan layanan konsultan pajak bisa mengirit waktu beberapa pelaku bisnis mengelola proses administrasi pajak.

Kapan Konsultan Pajak Diperlukan Pelaku bisnis?

Banyak factor yang bisa mengakibatkan pelaku bisnis menggunakan jasa konsultan pajak. Berikut contohnya:

  • Usaha Anda terletak di wilayah/zone khusus dalam sistem perpajakan, misalkan Kawasan Berikat, Kawasan Bebas Pajak, dan yang lain.
  • Usaha Anda berhubungan kuat dengan lembaga milik negara contoh BUMN, di mana tata cara perpajakannya akan berbeda dibandingkan usaha lain secara umum.
  • Usaha Anda telah melakukan transaksi bisnis ke luar negeri (ekspor/impor).
  • Usaha Anda beroperasi di sektor yang diatur (highly regulated ) oleh Ditjen Pajak dan pemerintahan.
  • Usaha Anda telah PKP (Pengusaha Kena Pajak).
  • Usaha Anda diharuskan mempersiapkan neraca keuangan sebagai dasar penghitungan pajak, misalkan telah berupa badan PT atau CV.
READ :  Tips Memilih Jasa Sedot WC Terpercaya

Layanan jasa konsultan pajak memang sangatlah efisian dan sangat menguntungkan bagi individual ataupun perusahaan guna membantu memecahkan permasalahan terkait ketentuan pajak yang berlaku, jasa konsultan pajak surabaya dirasa perlu dipertambangkan karena sudah terbukti professional dalam bidangnya. Semoga artikel ini bermanfaat!.