Cara Mengecek Mesin Mobil Bekas

Cara Mengecek Mesin Mobil Bekas

Cara Mengecek Mesin Mobil Bekas -Secara umum, orang awam yang ingin beli mobil ialah mereka yang kurang memahami mengenai mesin mobil. Saat membeli mobil bekas di showroom, beberapa orang mengutamakan performa luar dengan rapi dan berkilau, walau sebenarnya keadaan mesin adalah hal paling penting yang perlu jadi perhatian saat membeli mobil bekas.

Cara Mengecek Mesin Mobil Bekas

Berikut ini akan kami sediakan Cara Mengecek Mesin Mobil Bekas. Jika Anda adalah pengguna mobil Toyota dan sedang bertempat tinggal di jakarta utara, sekarang Toyota sedang mengadakan promo. Anda bisa mengecek langsung di promo toyota jakarta utara

1: Ruang Mesin

Membuka kap mesin dan check di sekitar ruang mesin adakah cat yang kelihatan relatif baru dibanding dengan lainnya, nanti akan kelihatan bila ruang mesin pernah di cat. Ruang mesin yang sempat di cat sebagai tanda-tanda jika mesin pernah di turunkan. Penyebabnya dapat berbagai macam, seperti karena bekas tabrakan atau karena mobil itu bekas terkena banjir dan sebagiannya.

2: Kondisi Mesin

Pastikan tidak ada kebocoran oli ataupun bahan bakar, dan keadaan fisik mesin. Mobil yang terawat ialah mobil yang bebas dari kebocoran pada mesin atau selang-selang.

Langkah mengetahuinya lumayan gampang, perhatikan satu demi satu sisi mesin mobil dan pastikan tidak ada rembesan oli atau cairan yang lain. Lihat juga mur dan baut yang ada. Jika ada baut baru atau baut yang sisi ujungnya cacat tanyakan ke pedagang atau pemilik yang menjualnya. Umumnya beberapa pedagang yang nakal akan berusaha untuk membenahi kerusakan ini dengan membersihkan mesin mobil supaya tidak kelihatan bila ada oli yang rembes.

3: Mobil Pemula

Pastikan suara mesin mobil masih lembut dan stabil saat mesin stasioner ataupun waktu dihidupkan tanpa hentakan gas dan perangkat audio dan AC di-nonaktifkan.

READ :  Pengertian Sains : Tujuan dan Hakikat Ilmu Sains

Mobil yang sehat atau terurus saat distarter dari kondisi dingin langsung menyala dan tidak tersendat-sendat. Bila tersendat, kemungkinan aki mobil memiliki masalah atau mobil itu jarang diservis secara berkala hingga ada kotoran yang menutup kinerja mesin

4: Indikator dan SpeedoMeter

Saat hidupkan mesin, lihat tiap lampu tanda adakah yang menyala. Banyak lampu tanda keadaan mesin pada dashboard seperti oli dan temperatur, yakinkan tidak ada yang menyala. Coba gas secara perlahan-lahan, lalu terlepas dan lihat turun jarum RPMnya. Pastikan jarum RPM stabil naik turun. Bila tidak stabil, memiliki arti mesin mobil memiliki masalah itu.

5: Suara Mesin

Lihat suara mesin pertama kalinya mesin dihidupkan dari kondisi mesin dingin. Dengar adakah suara yang tidak wajar keluar mesin. Contoh suara yang bisa diterima tidak masuk akal misalnya: suara pelat besi, suara ketukan dari mesin saat dipacu.

6: Getaran Pada Mesin

Membuka kap mesin, lihat adakah getaran yang tidak wajar atau mungkin tidak seirama. Bila iya, mesin dapat dikatakan pada kondisi “pincang”, yang dapat muncul karena permasalahan pada engine mounting atau sistem kelistrikan yang terganggu.

7: Gas Buang (Knalpot)

Perhatikan knalpot, lihat gas buang mobil apa yang tidak wajar dari knalpot. Pertanda atau sisa hasil pembakaran di mesin yang berada di ujung knalpot memberinya panduan yang cukup tepat mengenai keadaan mobil itu. Contoh:

Asap knalpot warna hitam – Indikasi pembakaran bahan bakar yang tidak prima.
Asap knalpot warna putih – Tanda-tanda ada kombinasi oli dalam ruangan pembakaran mesin.
Tetesan air pada knalpot sebagai hal yang lumrah dan sebagai pertanda mesin mobil masih bagus.

8: Uji Coba

Tidak boleh tergesa-gesa saat lakukan tes drive, banyak permasalahan yang terjadi saat mesin mobil telah panas dan dipakai untuk perjalanan cukup lama. Di saat tes drive hal yang perlu jadi perhatian diantaranya ialah perform mesin, perpindahan transmisi dan performa rem.

READ :  Jenis dan Ciri Bahan Kain Spandek yang Perlu di Ketahui

Penutup

Demikian artikel di atas mengenai Cara Mengecek Mesin Mobil Bekas. Jika anda sekarang bertempat tinggal di Jakarta Barat, Anda juga bisa melihat promonya di promo toyota jakarta barat. Semoga artikel di atas bisa bermanfaat. Jika ada kesalahan mohon maaf dan terima kasih.