Cara Memilih Mesin Absensi Terbaik, Terbaru Tahun 2022

Cara Memilih Mesin Absensi Terbaik, Terbaru Tahun 2022 – Mesin absensi adalah alat yang penting untuk mencatat tanggal dan waktu kehadiran. Ada beragam tipe mesin, misalkan yang dapat diciptakan langsung pada kartu atau yang bisa mengidentifikasi sidik jari. Disamping itu, Anda akan menemukan produk dengan variasi dan merek yang bervariasi, seperti Amano dan Solution. Ini dapat membuat Anda kebingungan untuk memilih produk yang tepat.

Karena memang fungsinya sangat bermanfaat sekali untuk keamanan. Karena itu, kami akan memberi penjelasan supaya Anda pahami poin-poin penting dalam memilih mesin absensi.

Cara Memilih Mesin Absensi

Mesin absensi tentu saja akan mempermudah tugas Anda saat ingin membuat penghitungan gaji. Tetapi, saat sebelum tentukan pilihan, silahkan baca beberapa hal yang penting Anda lihat ketika memilih.

1. Pilih mesin absensi berdasar tipenya

Pada dasarnya, mesin absensi ada dalam empat type. Ke-4 tipe itu ialah tipe kartu, type USB (Universal Serial Bus) / SD (Secure Digital) compatible, tipe kartu IC / RFID (Radio Frequency Identification), dan autentikasi fingerprint. Supaya semakin jelas, Anda perlu ketahui lebih dahulu karakteristik dari masing-masing tipe.

Tipe kartu yang paling gampang dipakai

Mesin absensi tipe kartu sebagai type paling tua dan paling umum dipakai. Anda cukup masukkan sebuah kartu tebal ke mesin, lalu tanggal dan waktu akan tercetak secara automatis. Mesin tipe ini ada banyak digunakan di perusahaan atau tempat usaha yang lain karena benar-benar mudah dipakai.

Keunggulan dari type ini berada pada penggunaannya yang gampang. Tidak ada sistem khusus yang dibutuhkan dan Anda dapat segera memakainya setelah melakukan pengaturan.

Sayang, tipe kartu tidak bisa disambungkan dengan komputer hingga Anda perlu memindahkan datanya lewat cara manual. Dengan begitu, Anda akan memerlukan semakin banyak tenaga dan waktu untuk melakukan perhitungan gaji.

READ :  Cara Mengganti Server Free Fire ke Luar Negeri

Tipe kartu yang cocok dengan USB / SD

Tipe ini ialah mesin absensi tipe kartu berteknologi maju yang cocok dengan penyimpan data USB dan SD. Anda bisa mencatat kedatangan pegawai lebih efektif karena data yang terekam dapat segera ditransfer ke komputer. Ini tentu saja akan membuat penghitungan gaji dan pendataan kehadiran jadi lebih gampang untuk dilaksanakan.

Mesin absensi seperti ini tidak cuma gampang dipakai oleh karyawan, tapi juga administrator. Dengan semakin secara singkat saat yang diperlukan untuk mengambil data, karena itu keproduktifan kerja akan semakin bertambah. Harga tipe ini juga relatif masuk akal hingga bisa Anda pikirkan.

Tetapi, Anda perlu tetap membeli kartu secara terus-menerus bila telah habis digunakan. Disamping itu, mode seperti ini susah dijumpai di pasaran.

Tipe IC yang efisien dan aman

Tipe IC ialah mesin absensi yang simpan data kedatangan dengan cara tempelkan kartu pada mesin. Mesin type ini sanggup mengirimi data ke satu sistem khusus lewat jaringan. Dengan demikian, Anda tidak perlu melakukan pengiriman data dengan manual ke computer. Pengaturan yang terkait dengan absensi akan jadi lebih gampang, kan?

Berbeda dari type awalnya, pada tipe IC, pemakai akan diberi kartu identitas yang bisa dibawa oleh masing-masing. Kartu tidak diletakkan di sekitar mesin absensi sehingga Anda akan terbebas dari kekeliruan data karena memakai kartu orang lain.

Tipe fingerprint yang praktis

Mesin absensi fingerprint akan merekam kedatangan pegawai dengan memakai sidik jari atau pemindaian wajah. Dengan mesin semacam ini, Anda tak perlu cemas kembali mengenai peluang kartu hilang atau tertinggal.

Namun, pemakaian mesin fingerprint terkadang merepotkan dan memerlukan waktu yang lama. Selalu ada-ada saja sebagian orang yang tidak terdeteksi sidik jemari atau mukanya oleh mesin. Disamping itu, biaya yang dikeluarkan untuk membeli tipe ini termasuk mahal.

READ :  Cara Agar Efek di Instagram Bisa Digunakan 2022

2. Pilih mesin absensi yang bisa diatur tanggalnya sesuai keperluan

Mesin absensi umumnya mencetak catatan kedatangan dari tanggal satu s/d akhir bulan. Ini tidak jadi permasalahan jika tanggal penutupan untuk penghitungan gaji sama dengan tanggal terakhir setiap bulan. Kenyataannya, tanggal penutupan penghitungan upah dengan tanggal pembayaran upah tiap perusahaan dapat berbeda.

Sebagai contoh, ada banyak perusahaan yang menetapkan penutupan pada tanggal 15 atau 25 setiap bulannya. Pasti tidak efektif bila Anda harus menggunakan dua kartu karena hanya tanggal penutupan yang tanggung semacam ini. Untuk mencegah hal itu, Anda perlu menetapkan tanggal awalnya perhitungan gaji sama sesuai peraturan perusahaan pada mesin absensi.

Sayang, beberapa mesin absensi tidak sediakan fitur pengaturan tanggal hingga tanggal awal perhitungan gaji tidak bisa diatur. Mesin semacam ini tidak direkomendasikan sekalipun harga masuk akal dan gampang dipakai . Maka, pastikan produk yang Anda incar mempunyai fitur pengaturan tanggal bila tanggal penutupan berlainan dengan akhir bulan.

3. Pilih mesin absensi yang gampang dipakai oleh pengguna

Mesin absensi ialah mesin yang dipakai setiap hari pada hari kerja. Sudah pasti administrator perlu memilih mesin yang gampang diambil datanya, tapi kenyamanan pemakai juga sangat penting untuk dipertimbangkan.

Sebagai contoh, kadang sidik jemari susah dideteksi saat memakai mesin absensi fingerprint sehingga proses absensi jadi tidak membahagiakan. Ini kemungkinan berkesan sepele, tapi penting diingat supaya pengguna bisa memakainya dengan lancar. Karena itu, periksalah point ini baik saat sebelum memutuskan membeli mesin absensi incaran Anda, ya.

Jika Anda ingin lebih menjaga keamanan rumah atau perusahaan, maka saran saya mulai gunakan Acces control. Access Control sendiri adalah pembatasan akses untuk masuk suatu tempat atau ruangan yang bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan kenyaman para penggunanya.

READ :  Cara Mudah Menginstall Ekstensi Google Chrome Terbaru

Access Control biasa disebut Access Door atau Akses Pintu sudah banyak digunakan oleh pemilik Kantor, Gedung, Hotel, Sekolahan, Rumah Sakit, Tempat tinggal. Untuk info Jasa pemasangan Acces control lebih lanjut, Anda bisa cek di access control.

Demikian artikel di atas mengenai Cara Memilih Mesin Absensi Terbaik, Terbaru Tahun 2022 . Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi pembaca.